MANAJEMEN PENGELOLAAN LABORATORIUM GIZI MASYARAKAT PADA INSTITUSI PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

  • Heriawita Poltekkes Kemenkes Padang
Keywords: Laboratorium Gizi Masyarakat, Manajemen, Mutu Pembelajaran.

Abstract

Laboratorium gizi masyarakat merupakan salah satu fasilitas dan sarana di perguruan tinggi yang didedikasikan untuk melakukan penelitian, pengajaran, dan pelayanan di bidang gizi masyarakat. Kualitas laboratorium gizi di perguruan tinggi berpengaruh terhadap hasil kegiatan maupun pelayanan di dalamnya. Manajemen pengelolaan laboratorium yang baik dapat menjamin pelaksanaan program pendidikan yang lebih efektif. Maka tujuan penulisan ini yaitu untuk menganalisis lebih mendalam terkait manajemen pengelolaan laboratorium gizi masyarakat pada institusi pendidikan perguruan tinggi sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan sistematis terhadap 10 literatur terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan kunci dalam proses manajemen yang dapat membantu dan mendukung tercapainya tujuan peningkatan mutu pembelajaran yaitu 1) Perencanaan (planning), merupakan tahap awal di mana tujuan, strategi, kebijakan, dan prosedur disusun menuju peningkatan mutu pembelajaran, 2) Pelaksanaan (implementation), bertujuan untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran yang disusun selama perencanaan, dan 3) Evaluasi (evaluation), merupakan proses untuk menilai sejauhmana tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan telah tercapai, serta untuk mengidentifikasi hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan.

References

Ahdiat, A. (2022). 17 Juta Warga RI Kurang Gizi, Tertinggi di Asia Tenggara. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/12/17-juta-warga-ri-kurang-gizi-tertinggi-di-asia-tenggara

Arifa, F. M. (2019). Peninggkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1): 1-7.

Caulley, D. (2007). Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper (Book Review). In Qualitative Research Journal (Second Edition), 7, issue 2.

Evana, Y., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). The Management of Science Laboratory at Senior High School in Digital Era. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 6 (3): 660-667.

Fattah, N. (2017). Landasan Manajemen Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Ginanjar, M. H., Syukur, M., & Rahman. (2023). Computer Laboratory Management in Improving the Quality of Student Learning. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 493-508.

Gustini, N., & Wulandari. (2020). Manajemen Laboratorium Sains Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Islamic Education Manajemenn, 5 (2): 231-244.

Handoko, T. H. (2016). Manajemen. Yogyakarta : BPFE.

Iswanto, D., & Mulyono, H. B. (2021). Analisis Manajemen Laboratorium Terpadu Mikroskopis di Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Jayapura Papua. Indonesian Journal of Laboratory, 4(1): 21-29.

Kartikasari, P., Ilmiyati, N., & Maladona, A. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 251-258.

Lasia, I K. (2017). Development of Laboratory Management Based on Local Bali Wisdom to Improve the Quality of Services in Laboratory. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 181-190.

Maladona, A., et al. (2021). Laboratory Management in Improving the Quality of Science Learning. Journal of Islamicate Studies, 4(1): 1-9.

Mardalena, I. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Gizi dalam Keperawatan: Konsep dan Penerapan pada Asuhan Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Mukti, B. I., & Arikunto, S. (2020). Laboratory Management of Science in Improving Studnent Achievements in Sma Lubuklinggau. 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE), 397, 138-144.

Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2021). Managemen Laboratorium sebagai Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar IPA Biologi. Jurnal Widya Laksana, 10(2), 189-196.

Nisa, U., et al. (2021). Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan Penggunaan Laboratorium. Jurnal Lepa-Lepa Open, 1(1), 129-135.

Nurhadi, A. (2018). Manajemen Laboratorium dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Tarbawi, 4(1): 1-12.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan.

Putri, Z. M., Hermanto, D., & Suntoro, I. (2020). Laboratory Management in Improving School Quality (Case Study at SMA Negeri 3 Bandar Lampung). International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), IV(X), 380-383.

Siregar, C. S. P. (2007). Praktik Sistem Manajemen Laboratorium-Pengujian yang Baik (Good Testing-Laboratory Management System Practice). Jakarta: Badan Litbangkes.

Suranto. (2022). Pentingnya Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59-66.

Suryana. (2019). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Sutiani, A., & Sitorus, M. (2013). Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia. Jakarta: Graha Ilmu.

Xiao, Y. (2019). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93-112.

Published
2023-10-26
How to Cite
Heriawita. (2023). MANAJEMEN PENGELOLAAN LABORATORIUM GIZI MASYARAKAT PADA INSTITUSI PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 293-304. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.209