PERANCANGAN SISFOMBA BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL

  • Mudriyah Universitas Teknologi Digital
  • Aries Setyani Wahyu Prasetyawati Universitas Teknologi Digital
Keywords: MySQL, Pembayaran, PHP, Website.

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam sistem pembayaran biaya kuliah pada Universitas Teknologi Digital masih belum maksimal, karena sistem pembayaran yang digunakan masih bersifat manual. Transaksi pembayaran biaya kuliah mahasiswa masih dilakukan secara transfer namun input datanya menggunakan manual. Tahap perancangan mencakup perancangan tabel, database dan form. Sistem pembayaran ini diharapkan dapat menunjang kerja para pegawai keuangan untuk melakukan pembuatan laporan secara cepat, efisien, dan akurat. Sistem informasi ini dirancang dengan menggunakan Bahasa Pemograman PHP dan MySQL sebagai database yang divisualisasi menggunakan model UML. Metode penelitian yang penulis lakukan yaitu metode kualitatif dengan penelitian studi kasus di kampus Universitas Teknologi Digital. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode observasi, wawancara dan perpustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Proposal PKL Sistem Informasi Pembayaran Berbasis Digital Menggunakan Bahasa Pemograman PHP pada Universitas Teknologi Digital diharapkan dapat diimplementasikan dan dapat mempermudah BAAK dalam pengolahan data pembayaran secara cepat dan aktual, serta mampu menangani kekurangan-kekurangan yang terjadi pada saat sebelum sistem digunakan.

References

Aulina, L. (2020). Proses Pengembangan Sistem (System Development Proses). Fak. Komput, 17.

Azis, N. (2022). Analisis Perancangan Sistem Informasi. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Hasan, S., & Muhammad, N. (2020). Sistem Informasi Pembayaran Biaya Studi Berbasis Web Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 5(1), 44-55.

Purbasari, Y. (2020). Sistem Informasi Pembayaran Iuran Sekolah Siswa pada SMK Yayasan Bakti Prabumulih dengan Metode Waterfall. JuSiTik: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(2), 40-44.

Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified modelling language (uml) dalam perancangan sistem informasi permohonan pembayaran restitusi sppd. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 7(1), 32-39.

Suwita, J., & Tiara, B. (2022). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran pada SMK Gema Bangsa. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 9(2).

Yadi, J., & Oktapiani, V. (2018). Sistem Informasi Pembayaran Iuran Sekolah Siswa pada SMK YAYASAN Bakti Prabumulih dengan Metodewaterfall. JSK (Jurnal Sistem Informasi dan Komputerisasi Akuntansi), 2(2), 11-16.

Published
2023-10-20
How to Cite
Mudriyah, & Prasetyawati, A. S. W. (2023). PERANCANGAN SISFOMBA BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 261-268. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.206