PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI: TANTANGAN DAN PELUANG

  • Adri Lundeto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado
Keywords: Pendidikan Islam, Era Globalisasi, Tantangan.

Abstract

Keberadaan globalisasi menyebabkan perkembangan yang cukup pesat di berbagai sisi, termasuk pendidikan. Tak ketinggalan, pendidikan Islam merupakan salah satu bidang yang cukup berkembang di negara Indonesia karena keberadaan globalisasi. Namun kemunculan globalisasi ini juga memberikan adanya tantangan dan kesempatan baru bagi perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat mengenai bagaimana perkembangan pendidikan Islam di selama masa globalisasi. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi pustaka. Data yang digunakan di dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai hasil penelitian dan studi terdahulu yang masih relevan. Hasil dari penelitian ini kemudian menemukan bahwa keberadaan globalisasi setidaknya ditemukan berbagai tantangan dalam faktor budaya, modal sosial yang rendah, sumber daya yang masih belum memadai dan juga tantangan struktural. Namun Pendidikan Islam di era globalisasi memberikan beberapa kontribusi, seperti pembentukan individual yang berkarakter dan spiritual.

References

Abdullah, A., & Ismail, M. (2019). Peran Ghuruh Tolang dalam Menanamkan Nilai Karakter pada Santri di Musholla al-Ismail Tanah Merah Bangkalan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(2), 129-155.

Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi. al-Afkar, Journal for Islamic Studies.

Ardipandanto, A. (2020). Dampak Politik Identitas Pada Pilpres 2019: Perspektif Populisme [The Impact of Identity Politics on President Election 2019: Populism Perspective]. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri dan Hubungan Internasional, 11(1), 43-63.

Efendi, E., & Rafdiansyah, T. M. (2023). Peran Media Sosial Dalam Membentuk Akhlakuk Karimah Remaja. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5), 2872-2885.

Fajrussalam, H., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Gaining Education Character Based on Cultural Sundanese Values: The Innovation of Islamic Education Curriculum in Facing Era Society 5.0. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 104-119.

Fatmawati, F., & Raihana, R. (2023). Relevansi Antara Hubungan Globalisasi Dengan Pembaharuan Hukum. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 5869-5879.

Fischer, A. M. (2019). Bringing development back into development studies. Development and Change, 50(2), 426-444.

Hamonangan, I. (2020). Pasar, Tata Kelola Dan Hubungan Transnasional Di Era Globalisasi Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Politik Dunia. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 55-70.

Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 177-188.

Jacks, D. S., & Novy, D. (2020). Trade blocs and trade wars during the interwar period. Asian Economic Policy Review, 15(1), 119-136.

Jamal, M. Y. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Kajian Riset Pendidikan Islam Yang Berorientasi Pada Isu-Isu Sosial Dampak Globalisasi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 788-802.

Lan, T. T. N. (2023). Market development strategy of renewable energy industry in Vietnam. International journal of business and globalisation.

Ma’rifah, I. (2020). Peran sastra dalam membangun karakter bangsa (Perspektif Pendidikan Islam). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(2), 172-188.

Mahabbati, S. (2022). Realitas Nasionalisme Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal on Education, 4(4), 1817-1835.

Muslih, M. (2020). Filsafat ilmu Imre Lakatos dan metodologi pengembangan sains Islam. TASFIYAH; Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 46-90.

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 57-87.

Rahmawati, F., Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2020). Budaya Religius: Implikasinya Dalam Meningkatkan Karakter Keagamaan Siswa di MIN Kota Malang. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 22-35.

Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197-218.

Rosyad, A. M. (2019). The urgency of learning innovation on islamic religious study (urgensi inovasi pembelajaran dalam pendidikan agama islam): Learning Innovation, Islamic Religious Study, Learning Method. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 64-86.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Shahraki, H., & Heydari, E. (2019). Rethinking rural entrepreneurship in the era of globalization: some observations from Iran. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 42.

Sjödin, D., Parida, V., Jovanovic, M., & Visnjic, I. (2020). Value creation and value capture alignment in business model innovation: A process view on outcome‐based business models. Journal of Product Innovation Management, 37(2), 158-183.

Tianotak, H., Salamor, L., & Bakker, R. (2022). Peran Literasi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran PKn di MAN 3 Seram Bagian Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11552-11557.

Zaim, M. (2019). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran Dan Hadits (Isu Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam). Muslim Heritage, 4(2).

Zou, L., Shen, J. H., Zhang, J., & Lee, C. C. (2022). What is the rationale behind China's infrastructure investment under the Belt and Road Initiative. Journal of Economic Surveys, 36(3), 605-633.

Published
2023-07-13
How to Cite
Lundeto, A. (2023). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI: TANTANGAN DAN PELUANG. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 15-29. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.154