PERFORMA SIMPANG BERSINYAL BY PASS, MANDIANGIN KOTO SELAYAN, KOTA BUKITTINGGI

  • Adrian Fadhli Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti Padang
  • Dian Wahyoni Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti Padang
  • hardi Wijaya Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti Padang
  • Rahmad Nur Farizi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti Padang
Keywords: Kinerja Simpang,, Tundaan,, Derajat kejenuhan,, Tingkat pelayanan

Abstract

Padatnya jumlah penduduk pada Kecamatan Mandiangin Koto Selayan maka terjadi peningkatan jumlah kendaraan. Hal tersebut berdampak pada persimpangan jalan, terutama pada Simpang By. Pass yang juga merupakan jalan Lintas Sumatera.Berdasarkanl alasan tersebutl maka perlul adanya studil penelitian sebagail upaya menanggulangil tundaan di persimpangan Simpang By. Pass agarl memudahkan penggunal jalan yangl ingin melintasil Simpang By. Pass tersebut. Penelitian yang akan dipergunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini umumnya mengumpulkan data dalam bentuk angka dan grafik untuk menguji dan mengkonfirmasi suatu teori atau asumsi. Kinerja simpang By pass Bukittinggi pada tahun 2022 dengan kapasitas simpang pada pendekat Utara 527 smp , Pendekat Selatan 542 smp, Pendekat timur 698 smp, Pendekat Barat 510 smp. Dengan derajatl kejenuhan DSl Pendekat Utara 0,82, Pendekatl Selatan 0,84, Pendekatl Timur l0,81 dan pendekat Barat 0,84. Panjangl antrian yang terjadi padal Pendekat Utara 54 lm, Pendekat Selatan 52 lm, Pendekat Timurl 93 m, danl Pendekat Barat 80 lm. Tundaan yang terjadi pada Pendekat Utara 47 det/smp, Pendekat Selatan 50 det/smp, Pendekat Timur 37 det/smp, dan Pendekat Utara 47 det/smp. Estimasi Tingkat pelayanan pada setiap pendekat tersebut adalah Utara E, Selatan E, Timur D dan Barat E. hal tersebut menjadi pelayanan simpang yang kurang optimal. solusi yang dapat diberikan untuk penanganan Tundaan yang terjadi adalah perencanaan ulang waktul siklus, penambahanl lebar lpendekat, dan perubahan lfase.

References

Antonius Bangkit T.N. (2017). Kinerja Pada Simpang Bersinyal Balapan dan Simpang Mayor Ahmadi Banjarmasin Surakarta. Surakarta
Astuti, Y.T, Akhmadali, & Mukti, E.T. (2020). Analisa Kinerja Simpang Bersinyal (Studi kasus Simpang Jalan H. Rais A. Rahman-Jalan RE. Martadinata-Jalan HM. Suwignyo) jurnal Teknik Sipil.
BPS. (2020). Badan Pusat Statistik. Kota Bukittinggi, Sumatera Barat
Fazlurrahman, M. I., & Susilo, B. H. (2019). Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Ir. H. Juanda-Raya Bogor). April, 284-289.
Ir.A.A.Ngr.Jaya ,W.A & Mataram, I.N.K. (2017). Studi Simpang Bersinyal (Studi kasus : Simpang Gatsu-Supratman di Denpasar). Bali
Kurniawan, I., & Kadarini, S. N. (2020). Evaluasi Penataan Lalu lintas Pada Persimpangan jalan H Rais A Rahman-Jalan Gusti Hamzah-Jalan Jeranding dan Jalan H Rais A Rahman-Jalan HM Suwignyo-Jalan RE Martadinata Kota Pontianak. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura.
Khoerul Ma’ruf. (2020). Analisa Kemacetan Lalu-lintas Pada Simpang Tak Bersinyal (studi kasus : Simpang Tugu The Botol Sosro Banjaran- Kabupaten Tegal) 1-8.
Malik Vanidi. (2018). Analisis Kinerja Simpang Empat Bersinyal Glugur Darat Medan Timur Sampai Tahun 2031. Medan
Mirajhusnita, I., Wilis, G. R., & Ilma, A. Z. (2019). Analisa Lalu Lintas Terhadap Kapasitas Jalan Di Kota Tegal (Studi Kasus Simpang Kejambon Tegal).
PKJI. (2014). Panduan kapasitas jalan indonesia (PKJI). Departemen Pekerjaan Umum direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.
Prayitno, E., & Veronika, V. (2019). Kajian persimpangan tidak bersinyal (Studi Kasus: Persimpangan Tiga, jalan Raya Indarung Bandar Buat, Kota Padang). Rang Teknik Journal
Risky Aniswan. (2018). Studi Kelayakan Simpang Empat Jalan Merdeka Darussalam Jalan Panglateh Kota Lhokseumawe. 18-30.
Published
2023-06-09
How to Cite
Adrian Fadhli, Dian Wahyoni, Hardi Wijaya, & Rahmad Nur Farizi. (2023). PERFORMA SIMPANG BERSINYAL BY PASS, MANDIANGIN KOTO SELAYAN, KOTA BUKITTINGGI. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 290-298. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.138