ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KENTANG (Solanum Tuberosum L) GRANOLA L DI KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI

  • Alin Deri Utama Program Studi Agribisnis, Fakultas pertanian, Universitas Ekasakti Padang
  • Amnilis Program studi agribisnis fakultas pertanian universitas Ekasakti
  • Agung Satriadi Program studi agribisnis fakultas pertanian universitas Ekasakti
Keywords: Kentang Granola L,, Karakteristik,, R/C Ratio,, Kelayakan Usahatani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Karakteristik petani kentang granola L di Kecamatan Kayu Aro dan untuk menganalisis kelayakan Usahatani kentang granola L di Kecamatan Kayu Aro. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2022. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang, untuk menentukan sampel digunakan metode area proportional random sampling, data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik responden yang diamati sebagai berikut, (1) Tingkat pendidikan, yaitu mayoritas responden adalah petani dengan tingkat pendidikan akhir tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2) Dari segi umur secara keseluruhan responden tergolong dalam usia produktif berumur 48-55 tahun. (3) Luas lahan responden yang paling banyak adalah ≤ 0,5 Ha. (4) Dari segi pengalaman berusahatani, umumnya responden memiliki pengalaman 10-13 tahun dan (5) jumlah tanggungan keluarga, mayoritas responden memiliki jumlah tanggungan keluarga 2-3 orang. Rata-rata penerimaan yang diperoleh petani Rp 146.303.554,91/Ha/MT dengan rata-rata total biaya usahatani Rp 58.945.687,38, sehingga diperoleh pendapatan total petani sebesar Rp 87.357.867,53/Ha/MT. Berdasarkan hasil analisis R/C Ratio dan BEP yang meliputi: penerimaan, produksi, harga dan luas lahan bahwa usahatani kentang granola L di lokasi penelitian layak untuk diusahakan.

References

Ahmadi, A. 2007. Psikologi Sosial. Rineka Cipta. Jakarta.
Gunarto, A. 2003. Pengaruh Penggunaan Ukuran Benih Terhadap Pertumbuhan, Produksi Dan Mutu Ubi Kentang Benih G4 (Solanum tuberosum). Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, Vol 5 (2)
Hasyim, H. 2006. Analisis Hubungan Karekteristik Petani Kopi Terhadap Pendapatan (Studi Kasus: Desa Dolok Saribu Kecamatan Paguran Tapanuli Utara). Jurnal Komunikasi Vol 18 (1)
Kementrian Pertanian. 2011. Statistik Produksi Holtikultura. Jakarta.
Langoy, A.W., E. Ruauw, Kapantow dan C. Talumingan. 2013. Analisis Usahatani Kentang di Desa Sinsingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. COCOS Vol 2 (3)
Mubiyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta.
Natasasmita, Sadeli. 1980. Nematoda Sebagai Parasit Pada Tanaman. Buletin Agrikultura, Fakultas Pertanian Unpad. Jatinangor.
Oka, I. N. 1993. Pengantar Epidemiologi Penyakit Tanaman. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Putro, A.T.A.M. 2010. Budidaya Tanaman Kentang (Solanum Tuberosum L.) Diluar musim tanam. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Rogers, E.M. dan F.F. Shoemaker. 1971. Communication of Innovations. The Free Press. New York. London.
Saridewi, TR. 2010. Hubungan Antara Peran Penyuluh Pertanian dan Adopsi Teknologi Oleh Petani Terhadap Peningkatan Produksi Padi di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Penyuluhan Pertanian Vol 5 (1)
Siagian, Renville. 1998. Pengantar Manajemen Agribisnis. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Situngkir, Sihol. 2007. Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Pedagan Sayur di Kota Madya Jambi). Jurnal Manajemen dan Pembangunan. Vol 7 (1)
Soehardjo, A dan Patong. 2000. Sendi-Sendi Pokok Usahatani. Jurusan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Soekartawi. 2000. Pengantar Agroindustri. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Soekartawi. 2003. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada Jakarta.
Soekartawi. 2006. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada.Jakarta.
Suratiyah, K. 2011. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya. Jakarta.
Wahyuto, R., Listiyani dan D. Manunono. 2018. Usaha Tani Kentang (Solanum tuberosum L) di Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Jurnal MASEPI Vol 3 (2)
Yusri, A. 1999. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Petani Terhadap Kredibilitas Penyuluh Pertanian. (Tesis). Program Pasca Sarjana. Institut Pertania Bogor.
Published
2022-12-31
How to Cite
Alin Deri Utama, Amnilis, & Agung Satriadi. (2022). ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KENTANG (Solanum Tuberosum L) GRANOLA L DI KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 532-542. https://doi.org/10.56670/jsrd.v4i2.137