PENGARUH WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP PILIHAN PERGURUAN TINGGI DI KOTA BANDUNG

  • Abdul Ahmad Hafidh Nurmansyah Program Studi Manajemen Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Khaerul Rizal Program Studi Manajemen Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Social Media Marketing, Word of Mouth, Brand Image, Keputusan Pilihan.

Abstract

Penelitian ini adalah pengaruh word of mouth, social media marketing dan brand image terhadap pilihan perguruan tinggi di Kota Bandung. Peningkatan pengguna internet meningkat 15,5%. Menurut Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendapatkan hasil riset bahwa calon mahasiswa baru lebih tertarik berkuliah di Jawa Tengah. Hal ini bertolak belakang dengan Provinsi Jawa Barat yang memiliki perguruan tinggi terbanyak di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji variabel word of mouth, social media marketing dan brand image pengaruhnya terhadap keputusan memilih perguruan tinggi di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan alat ukur kuesioner skala likert dengan meregresi setiap hubungan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.

References

Adam, R., & Gunarto, M. (2021). The Influence of Promotion in Social-Media and Word of Mouth on the Decision on Selection of Study Programs at Private Universities. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 5975–5980.

Agustiani, I. N., & Karini, R. S. R. A. (2018). Pengaruh Word of Mouth Marketing terhadap Citra Perguruan Tinggi dan Dampaknya terhadap Keputusan menjadi Mahasiswa di STKIP Pasundan Cimahi. Tourism Scientific Journal, 3(1), 31-57. https://doi.org/10.32659/tsj.v3i1.34.

Anfas, A., Hidayanti, I., Umasugi, M., & Yusuf, I. S. H. (2021). The Application of Word of Mouth in Building Community Trust and University Brand Image on Selection Decision for UPBJJ-UT Ternate. Society, 9(1), 356–379. https://doi.org/10.33019/society.v9i1.308

Brown, T. J., & Dacin, P. A. (1997). The Company and the Product: Corporate Associations and Consumer Product Responses. Journal of Marketing, 61(1), 68. https://doi.org/10.2307/1252190

Fakri, M., Gilang, A., & Ratnayu, N. (2017). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi pada Mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Angkatan 2016). Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol., 11(1), 1–12

Harahap, D. A. (2017). Pengaruh Reputasi Universitas terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Studi di Universitas Islam Sumatera Utara. Forum Manajemen Indonesia (FMI 9), November, 8–10

Hasan, A. (2008). Marketing. Yogyakarta: MedPress.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Valuta, 4(1), 71–85

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lesmana, R., & Yustriani. (2017). Pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan pembelian konsumen PT. Garuda Indonesia Tbk (Persero) [Effect of company image on consumer purchasing decisions PT. Garuda Indonesia tbk (Persero)]. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, 1(1), 136-147.

Rommy, A. S. N., Moh, N. B. H. H., & Nur, A. R. Y. N. (2018). Effect of Brand Image and Price Perception on Purchase Decision. Journal of Business and Management, 20(8), 76–81. https://doi.org/10.9790/487X-2008027681

Sernovitz. (2009). Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published
2022-12-27
How to Cite
Nurmansyah, A. A. H., & Rizal, K. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP PILIHAN PERGURUAN TINGGI DI KOTA BANDUNG . Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 509-517. https://doi.org/10.56670/jsrd.v4i2.127