A PELATIHAN KOMPETENSI PENGELASAN PADA PEMUDA PUTUS SEKOLAH DI AUR DURI INDAH

WELDING COMPETENCY TRAINING FOR OUT-OF-SCHOOL YOUTH IN AUR DURI INDAH

  • Junil Adri Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal Yufrizal Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Yoni Sudiani Institute Seni Indonesia Padang Panjang
Keywords: Generasi Muda, Keterampilan, Pengelasan, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Terbatasnya lapangan kerja yang tersedia tidak seimbang dengan jumlah angkatan kerja yang setiap tahun bertambah sehingga berdampak pada tingginya jumlah pengangguran. Untuk itu perlu diberikan pendidikan dan keterampilan pada generasi muda. Perencanaan dan pengembangan generasi muda hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan akan tenaga kerja serta kesempatan dan lapangan kerja yang tersedia kemudian sistem yang efektif yang dapat menunjangnya. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan generasi muda di kelurahan Aur Duri adalah dengan memberikan pelatihan kompetensi langsung kepada generasi muda. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih generasi muda yang ada di kelurahan Aur Duri dalam bidang kompetensi dasar pengelasan. Kegaitan pelatihan dilakukan dengan metode demonterasi dan projek based leasrnig. Demonterasi dilakukan oleh instuktur bersertifikasi pengelasan. Pelatihan kompetensi dasar pengelasan diikuti oleh 15 orang peserta. Peserta sangat antusias dalam mengikuti peltihan. Peserta yang dianggap sudah mahir diberikan sertifikat yang menjelaskan bahwa peserta tersebut mampu menguasi kompetensi pengelasan dengan baik. Kegiatan ini mampu memberikan bekal kepada generasi muda putus sekolah untuk memasuki dunia kerja ataupun berwirausaha

References

Franita, R., Harahap, A. F. D., & Sukriah, Y. (2019). Analisa pengangguran di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), 88-91.
Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 115-129.
Heri, H., & Andayani, F. (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Bandung. Neo Politea, 1(2), 17-29.
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. Paper presented at the Proceedings Education and Language International Conference.
Kasnelly, F. A. J. S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Ditengah Pandemi (Covid-19). Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 45-60.
Leonita, L., & Sari, R. K. (2019). Pengaruh PDRB, pengangguran dan pembangunan manusia terhadap Kemiskinan Di Indonesia. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(2), 1-8.
Muamalah, B. u., & Utami, R. D. (2017). Studi Analisis Penanganan Anak Putus Sekolah Di Desa Ngepanrejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pratomo, D. S. (2017). Fenomena pengangguran terdidik di Indonesia. Sustainable Competitive Advantage, 7(7), 1.
Rahmiati, D. P., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Inflasi, Produk Domestik Bruto (Pdb) Dan Neraca Perdagangan Terhadap Jumlah Pengangguran Di Indonesia. IEB: Journal of Islamic Economics and Business, 1(1), 30-36.
Siregar, R. (2017). Sumber daya manusia dalam pembangunan nasional. Pros. Semin. Nas. Tah. Fak. Ilmu Sos. Univ. Negeri Meda, 1, 378-381.
Suhandi, S., Wiguna, W., & Quraysin, I. (2021). Dinamika Permasalahan Ketenagakerjaan Dan Pengangguran Di Indonesia. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 268-283.
Suhendra, I., & Wicaksono, B. H. (2020). Tingkat Pendidikan, Upah, Inflasi, Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran Di Indonesia. Jurnal Ekonomi-Qu, 6(1).
Published
2023-02-03
How to Cite
Adri, J., Irzal, I., Erizon, N., Refdinal, R., Ambiyar, A., Purwantono, P., Yufrizal, Y., Jasman, J., & Sudiani, Y. (2023). A PELATIHAN KOMPETENSI PENGELASAN PADA PEMUDA PUTUS SEKOLAH DI AUR DURI INDAH. Journal of Community Service, 4(2), 147-157. https://doi.org/10.56670/jcs.v4i2.96