PENGUATAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI DESA GAJAHMEKAR RW 04

  • Nurriska Khairunisya Psikologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Hasna Salsabila Psikologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Laila Afifah Surya Deswara Psikologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Muhammad Rafi Hadiansyah Psikologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Siti Hikmatul Insani Putri Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Dwi Purliantoro Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Bandung
Keywords: Penguatan Karakter, Tumbuh Kembang, Pola Asuh, KKN

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan KKN ini adalah untuk penguatan karakter anak agar bisa memperoleh kehidupan yang baik di masa yang akan datang. Hal itu tentunya harus diimbangi dengan pola asuh yang tepat. Kegiatan ini juga dilakukan agar dapat membantu masyarakat di Desa Gajahmekar agar bisa mengetahui bagaimana tumbuh kembang anak yang baik. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Metode pelaksanaan KKN ini dilakukan dalam bentuk pendidikan masyarakat, difusi IPTEK/ pengenalan teknologi, dan juga praktek yang melibatkan para ahli dan masyarakat secara langsung. Hasil pelaksanaan program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta berperan pada penguatan karakter anak.

References

Wulansari, M., Mastuti, N. L. P. H., & Indahwati, L. 2021. Pengaruh Stunting Terhadap Perkembangan Motorik Halus, Motorik Kasar, Bahasa Dan Personal Sosial Pada Anak Balita Usia 2-5 Tahun Di Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Journal of Issues in Midwifery, 5(3), 111-120.

Putra, I. M. D. C., & Yuhari, M. R. A. T. W. 2020. Edukasi Covid-19 Melalui Program KKN ISI Denpasar untuk Mewujudkan Karakter Anak yang Sadar Kebersihan di Desa Carangsari. Segara Widya: Jurnal Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 8(2), 78-83.

Muharrom, G. M., Mukaromah, G. N., Dian, H. A., Ulfiah, N. S., & Khomaeny, E. F. F. 2019. Menanamkan sikap bersahaja pada anak usia dini dengan pembiasaan menabung. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 58-67.

Uce, L. 2017. The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.

Dini, J. P. A. U. 2021). Meningkatkan karakter anak usia dini melalui pemberian penguatan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101-2113.

DN, N. A., Yumarni, V., & Marwah, S. 2021. Tumbuh Kembang Anak dan Pola Pengasuhan Orang Tua pada Masa Golden Age di Ra Vinnaja Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 27-38.

Published
2022-12-19
How to Cite
Nurriska Khairunisya, Hasna Salsabila, Laila Afifah Surya Deswara, Muhammad Rafi Hadiansyah, Siti Hikmatul Insani Putri, & Dwi Purliantoro. (2022). PENGUATAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI DESA GAJAHMEKAR RW 04. Journal of Community Service, 4(2), 86-92. https://doi.org/10.56670/jcs.v4i2.85