PENGUATAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI DESA GAJAHMEKAR RW 04
Abstract
Tujuan dilaksanakannya kegiatan KKN ini adalah untuk penguatan karakter anak agar bisa memperoleh kehidupan yang baik di masa yang akan datang. Hal itu tentunya harus diimbangi dengan pola asuh yang tepat. Kegiatan ini juga dilakukan agar dapat membantu masyarakat di Desa Gajahmekar agar bisa mengetahui bagaimana tumbuh kembang anak yang baik. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Metode pelaksanaan KKN ini dilakukan dalam bentuk pendidikan masyarakat, difusi IPTEK/ pengenalan teknologi, dan juga praktek yang melibatkan para ahli dan masyarakat secara langsung. Hasil pelaksanaan program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta berperan pada penguatan karakter anak.
References
Wulansari, M., Mastuti, N. L. P. H., & Indahwati, L. 2021. Pengaruh Stunting Terhadap Perkembangan Motorik Halus, Motorik Kasar, Bahasa Dan Personal Sosial Pada Anak Balita Usia 2-5 Tahun Di Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Journal of Issues in Midwifery, 5(3), 111-120.
Putra, I. M. D. C., & Yuhari, M. R. A. T. W. 2020. Edukasi Covid-19 Melalui Program KKN ISI Denpasar untuk Mewujudkan Karakter Anak yang Sadar Kebersihan di Desa Carangsari. Segara Widya: Jurnal Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 8(2), 78-83.
Muharrom, G. M., Mukaromah, G. N., Dian, H. A., Ulfiah, N. S., & Khomaeny, E. F. F. 2019. Menanamkan sikap bersahaja pada anak usia dini dengan pembiasaan menabung. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 58-67.
Uce, L. 2017. The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.
Dini, J. P. A. U. 2021). Meningkatkan karakter anak usia dini melalui pemberian penguatan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101-2113.
DN, N. A., Yumarni, V., & Marwah, S. 2021. Tumbuh Kembang Anak dan Pola Pengasuhan Orang Tua pada Masa Golden Age di Ra Vinnaja Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 27-38.