EDUKASI MASYARAKAT KELURAHAN ULAK KARANG UTARA TENTANG PROTOKOL KESEHATAN DI ERA NEW NORMAL

  • Novi yanti Universitas Ekasakti
  • Rizka Hadya Universitas Ekasakti
  • Yulistia Universitas Ekasakti
  • Rice Haryati Universitas Ekasakti
  • Teti Chandrayanti Universitas Ekasakti
  • Danyl Mallisza Universitas Ekasakti
Keywords: sosialisasi, edukasi, protokol kesehatan, covid19

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk 1) Untuk memberikan pemahaman kepada warga di Kelurahan Ulak Karang Utara khususnya RT 03 agar mematuhi protocol kesehatan di dalam beraktivitas; dan 2) Untuk memberi pengetahuan tentang cara pembuatan desinfektan buatan sehingga warga dapat melakukan sterilasasi lingkungan tempat tinggalnya secara mandiri. Kegiatan dilakukan di RT 003 RW 005 Kelurahan Ulak karang Utara Kecamatan Padang Utara Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Metode kegiatan sosialisasi dan edukasi masyarakat dilakukan dengan cara face to face yaitu mendatangi rumah-rumah warga guna memberitahu tentang protocol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat; kemudian menempelkan leaflet di beberapa tempat umum seperti di pos kambling, masjid dan tempat-tempat lainnya yang sering untuk tempat warga berkumpul. Selain itu juga dilakukan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah warga setempat. Hasil kegiatan pengabdian adalah terlaksananya sosialisasi mengenai protocol kesehatan, sehingga masyarakat lebih paham, dan dapat beraktifitas secara aman di era new normal, serta diikuti dengan pembagian leaflet; masyarakat dapat membuat desinfektan sendiri, sehingga bisa menghemat biaya. Diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut dikelurahan lainnya di Kota Padang.

References

Antara.News.2020.40 kelurahan di Padang terpapar COVID-19https://www.antaranews.com/berita/1449200/40 kelurahan-di-padang-terpapar-covid-19. Selasa, 28 April 2020 17:20 WIB.

Dinkes Padang. 2020. Situasi Terkini Perkembangan Kasus Coronavirus Disease (COVID-19) di Kota Padang.

https://dinkes.padang.go.id/situasi-terkini-perkembangan-kasus-coronavirus-disease-covid-19-di-kota-padang.Irani Thevarajan, Thi H. O. Nguyen,Marios Koutsakos, Julian Druce, LeonCaly, Carolien E. van de Sandt, XiaoxiaoJia, Suellen Nicholson, Mike Catton,Benjamin Cowie, Steven Y. C. Tong,Sharon R. Lewin & Katherine Kedzierska.Breadth of concomitant immune responsesprior to patient recovery: a case report ofnon-severe COVID-19. Nat Med.2020;26:453–5.

Published
2021-12-31
How to Cite
Novi yanti, N. yanti, Rizka Hadya, Yulistia, Rice Haryati, Teti Chandrayanti, & Danyl Mallisza. (2021). EDUKASI MASYARAKAT KELURAHAN ULAK KARANG UTARA TENTANG PROTOKOL KESEHATAN DI ERA NEW NORMAL. Journal of Community Service, 3(2), 131-137. https://doi.org/10.56670/jcs.v3i2.63