PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN PANGAN BAGI IBU RUMAH TANGGA

  • Melti Roza Adry Universitas Negeri Padang
  • Novya Zulva Riani
  • Urmatul Uska Akbar
  • Yollit Permata Sari
Keywords: pengolahan pangan, capacity building, workshop

Abstract

Ibu rumah tangga memiliki peran dan potensi yang sangat strategis dalam mendukung program pengentasan kemiskinan di Indonesia. Karena itu, program pemberdayaan ibu rumah tangga dalam bidang ekonomi perlu dimaksimalkan dan dilakukan secara berkesinambungan, melalui program-program usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) yang bertujuan untuk memaksimalkan peran serta ibu rumah tangga dalam mengisi waktu luangnya untuk meningkatkan pendapatan keluarga Keberadaan ibu rumah tangga, yang memiliki waktu luang setelah menyelesaikan urusan rumah tangga, menimbulkan pemikiran bahwa ada potensi ibu rumah tangga yang belum tergali secara maksimal. Untuk mencari alternatif solusi pemecahan masalah di atas, maka diadakan pelatihan pengolahan pangan bagi ibu rumah tangga guna meningkatkan kesejahteraan keluarga di RT 002/RW III dan RT 002/RW XV Jl. Muhajirin Tunggul Hitam Kota Padang. Melalui kegiatan ini diharapkan ibu-ibu rumah tangga dapat mengaplikasikan Ilmu yang didapat dalam pemanfaatan waktu luang melalui penglahan pangan yang bernilai gizi dan ekonomis. Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga karena bisa membuat olahan makanan bergizi di rumah. Khalayak yang menjadi sasaran kegiatan pengabdian adalah ibu-ibu rumah tangga di wilayah pemukiman RT 002/RW III dan RT 002/RW XV Jl. Muhajirin Tunggul Hitam Kota Padang. Tim Pengabdian pada Masyarakat mengundang 20 orang ibu rumah tangga untuk mengikuti pelatihan pengolahan pangan yang bergizi dan bernilai ekonomis

Published
2020-12-09
How to Cite
Melti Roza Adry, Novya Zulva Riani, Urmatul Uska Akbar, & Yollit Permata Sari. (2020). PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN PANGAN BAGI IBU RUMAH TANGGA . Journal of Community Service, 2(2), 177-184. https://doi.org/10.56670/jcs.v2i2.48