PKM PENGEMBANGAN KAMPUNG ENTREPRENEUR BERBASIS DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PELAKU UMKM DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

  • Sulastri
  • Chichi Andriani
  • Yuki Fitria
Keywords: kampung entrepreneur, digital marketing, mediapromosi, UMKM

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam rangka pengembangan kampung entrepreneur berbasis digital marketing sebagai media promosi bagi pelaku UMKM di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Kelurahan Pasie Nan Tigo merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kota Padang yang berada di pesisir pantai dan memiliki ciri khas objek wisata, kuliner olahan hasil laut dan pusat penjualan ikan segar. Selain itu, pada kelurahan ini juga banyak ditemukan UMKM yang bergerak di bidang kerajinan dan kuliner yang dikelola olah ibu-ibu rumah tangga. Sehingga dirasa perlu dilakukan kegiatan pelatihan digital marketing sebagai media promosi usaha. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi digital marketing kepada 12 orang pelaku UMKM. Untuk melihat hasil kegiatan dilakukan evaluasi melalui penyebaran kuisioner pada peserta. Kuisioner diberikan sebelum dan setelah dilakukan pelatihan. Dari hasil pengolahan kuisioner menggunakan uji beda diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan pemahaman peserta sebelum dan setelah dilakukan kegiatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta kegiatan ini merasakan manfaat akan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Published
2020-12-08
How to Cite
Sulastri, Chichi Andriani, & Yuki Fitria. (2020). PKM PENGEMBANGAN KAMPUNG ENTREPRENEUR BERBASIS DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PELAKU UMKM DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Journal of Community Service, 2(2), 133-142. https://doi.org/10.56670/jcs.v2i2.43