PELATIHAN PENINGKATAN KREATIVITAS VISUAL DALAM PERANCANGAN POSTER KAMPANYE TENTANG COVID-19 BAGI ANAK-ANAK DI SEKOLAH DASAR JATIRAGAS 1 SUBANG

  • Dedeh Kartini Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Hana Faridah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Keywords: Kreativitas Visual, Poster Kampanye, Covid-19, SD Jatiragas 1 Subang.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah paradigma pendidikan, khususnya di Sekolah Dasar Jatiragas 1 Subang, memerlukan inovasi dalam menyampaikan pesan kesehatan kepada anak-anak. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap protokol kesehatan COVID-19 melalui pelatihan peningkatan kreativitas visual dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai pusat kegiatan. Metode pengabdian dilakukan dengan memilih lokasi di Sekolah Dasar Jatiragas 1 Subang, memperhatikan aksesibilitas dan relevansi dengan audiens yang dituju, serta melibatkan mahasiswa, dosen, karyawan, pihak administrasi universitas, dan lembaga eksternal sebagai mitra kegiatan. Pendekatan holistik melibatkan anak-anak secara langsung dalam merancang poster kampanye dengan menggunakan permainan peran, cerita bergambar, dan aktivitas seni visual. Hasil implementasi program menunjukkan peningkatan pemahaman anak-anak terhadap protokol kesehatan dan keterlibatan mereka sebagai agen perubahan dalam menyebarkan pesan kesehatan ke lingkungan keluarga dan masyarakat. Program ini tidak hanya menciptakan ikatan erat antara pengajar dan anak-anak tetapi juga membangun pondasi yang kuat untuk menciptakan lingkungan aman dan kampus ramah perempuan di Universitas Palangka Raya. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan peningkatan kreativitas visual menjadi langkah positif dalam mendukung upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Sekolah Dasar Jatiragas 1 Subang.

References

Agung, I. M. (2020). Memahami pandemi covid-19 dalam perspektif psikologi sosial. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68-84.

Amelia, P., & Purwaningsih, H. (2021). Desain Komik Digital Cerita Rakyat Desa Arjowilangun. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 13(2), 1-21.

Asakusuma, C. (2023). Video Iklan Sebagai Media Persuasi Sosial Menyikapi Black Campaign. DIVAGATRA-Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 3(2), 308-326.

Aulia, M. F., & Atmami, H. (2023). Skema Perancangan Media Visual Kampanye (Ideological) bagi Desain Komunikasi Visual. DESKOVI: Art and Design Journal, 6(1), 48-60.

Bartusevičienė, I., Pazaver, A., & Kitada, M. (2021). Building a resilient university: ensuring academic continuity—transition from face-to-face to online in the COVID-19 pandemic. WMU Journal of Maritime Affairs, 20(2), 151-172.

Dubey, S., Biswas, P., Ghosh, R., Chatterjee, S., Dubey, M. J., Chatterjee, S., ... & Lavie, C. J. (2020). Psychosocial impact of COVID-19. Diabetes & Metabolic Syndrome: clinical research & reviews, 14(5), 779-788.

Hanum, A. N. A., Utami, D., & Suwarso, W. A. (2022). Disonansi Kognitif Masyarakat Kalimantan Barat Akibat Banjir Informasi Covid-19. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 39-57.

Happy, H. R. D., & Verdiana, E. O. (2022). Visualisasi “Nriman” sebagai Seni Ekspresi Visual dengan Teknik Fotografi Makro. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 22(2), 129-136.

Hermanto, H., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1502-1508.

Invernizzi, A. C., Bellucci, M., Acuti, D., & Manetti, G. (2022). Form and substance: Visual content in CSR reports and investors’ perceptions. Psychology & Marketing, 39(5), 974-989.

Kholik, A., Soegiarto, A., & Khanafi, Q. A. (2023). Impikasi Rebranding Campaign dalam Transformasi Manajemen Event Kompetisi. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2).

Kostelnick, C. (2020). The art of visual design: The rhetoric of aesthetics in technical communication. Technical Communication, 67(4), 6-27.

Latipah, H., & Nawawi, N. (2023). Perilaku Intoleransi Beragama Dan Budaya Media Sosial: Tinjauan Bimbingan Literasi Media Digital Di Masyarakat. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 6(2).

Mala, A., Purwatiningsih, B., & Ghozali, S. (2022). Implementasi Pengembangan Jiwa Literasi Entrepreneurship Pada Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 120-144.

Mesra, R., Korompis, M. E., & Tuerah, P. R. (2023). Kajian Sosial-Ekonomi UMKM" Wireless Fidelity (Wifi)" Di Perum Maesa UNIMA. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 66-79.

Nurhapina, A., Hendriawan, D., & Widjayatri, R. D. (2023). Aplikasi Kampanye Sosial Sociops sebagai Channel Informasi Pendidikan di Indonesia. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 298-311.

Patriansah, M., Halim, B., & Putra, M. E. P. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Lomba Gambar Bercerita di SD 226 Palembang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 188-194.

Pradana, A. A., Nasution, L. A., & Casman, C. (2021). Telaah kebijakan mitigasi kesehatan kelompok rentan pasca pandemi dan keadaan luar biasa lain. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 10(3), 120-125.

Rahman, A., & Utama, L. S. (2020). Kebijakan pemerintah dalam pengendalian covid-19 di provinsi nusa tenggara barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 5(2), 48-71.

Saraswati, H. D., & Afifi, S. (2022). Strategi komunikasi pemasaran pariwisata di masa pandemi COVID-19. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 138-155.

Situmeang, I. R. (2020). Konstruksi Komodifikasi Media Komunikasi untuk Kampanye Kesehatan di Instagram dalam Pencegahan Virus Corona Pada New Era Masyarakat 5.0. Commed Jurnal Komunikasi dan Media, 5(1), 34-53.

Suharyanti, S., & Hanathasia, M. (2021). Kampanye Generasi Berencana (GENRE), Sikap Generasi Z di Jakarta, dan Penetrasi Media Sosial Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25(2), 111-130.

Widodo, A. S., & Ardianto, D. T. (2023). Gambar Imajinasi Anak-Anak sebagai Aset dalam Pengembangan Animasi Edukasi. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9(4), 488-502.

Zhang, Y., Zhao, Y., Wu, Y., & Zhang, X. (2022). Digital Communication of Folk Art in Urban Scenes Based on Vision Sensor Images. Mobile Information Systems, 2022.

Zuhri, A. (2020). Instagram, Pandemi dan Peran Influencer (Analisis Wacana Kritis pada Postingan Akun Instagram@ najwashihab dan@ jrxsid). Academic Journal of Da'wa and Communication, 1(2), 351-382.

Published
2024-01-23
How to Cite
Kartini, D., & Faridah, H. (2024). PELATIHAN PENINGKATAN KREATIVITAS VISUAL DALAM PERANCANGAN POSTER KAMPANYE TENTANG COVID-19 BAGI ANAK-ANAK DI SEKOLAH DASAR JATIRAGAS 1 SUBANG. Journal of Community Service, 6(1), 33-44. https://doi.org/10.56670/jcs.v6i1.190