PENINGKATAN KUALITAS DAN PELATIHAN PEMBUATAN MINUMAN GULA SAGU DI DESA TANJUNG PERANAP KECAMATAN TEBING TINGGI TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Rosnita
  • Roza Yulida
  • Fajar Restuhadi
  • Yulia Andriani
  • Deby Kurnia
Keywords: sagu, gula, minuman

Abstract

Kabupaten Kepulauan Meranti adalah salah satu pusat produksi sagu terbesar di Provinsi Riau. Sagu dapat dikembangkan menjadi gula sagu. Gula sagu adalah inovasi produk baru dalam penggunaan sagu menjadi gula yang dikembangkan oleh masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, termasuk desa Tanjung Peranap. Gula sagu dikembangkan dalam bentuk cair dan bubuk dan gula sagu bisa menjadi alternatif gula sehat bagi penderita diabetes. Pelatihan dalam bentuk bahan dan praktik pengolahan produk gula sagu berkualitas baik dilakukan dengan menggunakan metode tatap muka di mana bahan dikirim langsung ke kelompok dan diharapkan terjadi interaksi antar kelompok sehingga bahan yang dikirim dapat dengan mudah dipahami dan wawasan kelompok dapat dibuka. Diskusi dengan mitra menemukan bahwa mitra tidak memiliki pengetahuan tentang pengolahan gula sagu menjadi produk lain. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan mempraktikkan pembuatan minuman gula sagu dengan kualitas yang lebih baik dan variasi cita rasa tambahan, pengemasan produk disiapkan oleh tim. Kegiatan untuk meningkatkan kualitas gula sagu dan pengembangan produk dari gula sagu menjadi minuman yang bernilai ekonomis telah mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Mitra sudah tahu dan mengerti cara membuat gula sagu berkualitas baik dan produk turunannya. Peralatan, bahan, dan kemasan bantuan untuk membuat minuman gula sagu sebagai bagian dari paket teknologi untuk membuat gula sagu dan produk turunannya dapat dimanfaatkan oleh Mitra.

Published
2019-12-18
How to Cite
Rosnita, Roza Yulida, Fajar Restuhadi, Yulia Andriani, & Deby Kurnia. (2019). PENINGKATAN KUALITAS DAN PELATIHAN PEMBUATAN MINUMAN GULA SAGU DI DESA TANJUNG PERANAP KECAMATAN TEBING TINGGI TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI . Journal of Community Service, 1(1), 137-149. https://doi.org/10.56670/jcs.v1i1.19