Membangun mental tangguh dan sosial remaja dengan menanamkan Growth mindset dalam pergaulan remaja

  • Muhammad Asyiiq Billah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ryan Ainul Azhar Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hetty Sari Ramadhani Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Growth Mindset, Pergaulan remaja, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas psikoedukasi dalam menanamkan pola pikir pertumbuhan (growth mindset) dalam pergaulan remaja di Madrasah Aliyah Anjasmoro, Jombang. Dengan melibatkan 16 siswa kelas 11 sebagai partisipan, penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test menggunakan alat ukur Growth Mindset Scale yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai growth mindset setelah mendapatkan psikoedukasi. Nilai rerata pre-test sebesar 50,50 meningkat menjadi 52,87 pada post-test. Analisis uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test (Z = -2,999, p = 0,003). Hasil ini menunjukkan bahwa intervensi psikoedukasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya growth mindset dalam pergaulan remaja. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang pengaruh positif psikoedukasi dalam membentuk mentalitas positif pada remaja, khususnya dalam konteks pergaulan di sekolah menengah atas. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan program-program pendidikan yang lebih luas guna membantu remaja menghadapi tekanan akademik dan sosial dengan lebih tangguh melalui penerapan pola pikir pertumbuhan.

 

References

Bakat, R. M., Usmar, A. P. M., & Makassar, U. N. (2022). Growth Mindset dalam Meningkatkan Mental Health bagi Generasi Zoomer. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 122-128.
Dweck, C.S. (2006). Mindset: The New Psychology Of Success.
Published
2024-01-02
How to Cite
Billah, M. A., Ryan Ainul aZHAR, & Hetty Sari Ramadhani. (2024). Membangun mental tangguh dan sosial remaja dengan menanamkan Growth mindset dalam pergaulan remaja. Journal of Community Service, 5(2), 439-449. https://doi.org/10.56670/jcs.v5i2.181