PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS GURU SD DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 054870 TANJUNG JATI

  • Eti Muliani Prodi PGSD, Universitas Quality Berastagi
  • Ratna Wahyuni Prodi PGSD, Universitas Quality Berastagi
  • Yessica Sinabariba Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Quality Berastagi
Keywords: Pelatihan, Guru, Pendidikan, Karakter

Abstract

Penguatan Pendidikan karakter (PPK) menjadi suatu bentuk pencegahan degradasi moral di masa mendatang, Untuk itu, penguatan pendidikan karakter harus di implementasikan di sekolah-sekolah. Namun,  masih banyak guru di Sekolah Dasar yang belum mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya pelatihan mengenai penguatan pendidikan karakter dengan tujuan Guru mampu mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter di dalam pembelajaran. Mitra dalam pelatihan adalah SDN 054870 Tanjung Jati. Metode yang dilakukan yaitu observasi, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, pada tanggal 15-16 Agustus 2023 dengan judul “Pelatihan Peningkatan Kualitas Guru SD Dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri 054870 Tanjung Jati Kecamatan Binjai Kabupaten langkat”. Dalam pelatihan ini peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan dan memberikan respon positif. Berdasarkan angket yang diberikan dapat dilihat bahwa peserta sangat senang mengikuti kegiatan pelatihan dan diharapkan dapat diimplementasikan langsung terhadap peserta didik. Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru SD Negeri 054870 Tanjung Jati

 

References

Baier, F., Decker, A. T., Voss, T., Kleickmann, T., Klusmann, U., & Kunter, M. (2019). What makes a good teacher? The relative importance of mathematics teachers’ cognitive ability, personality, knowledge, beliefs, and motivation for instructional quality. British Journal of Educational Psychology, 89(4), 767–786. https://doi.org/10.1111/BJEP.12256
Benninga, J., Berkowitz, M., & P Kuehn. (2003). The relationship of character education implementation and academic achievement in elementary schools. Journal of Research in Character Education, 1(1), 19–32.
Dahlan Muchtar, A., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Ummaspul.e-Journal.IdD Muchtar, A SuryaniEdumaspul: Jurnal Pendidikan, 2019•ummaspul.e-Journal.Id, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Desy Nurlaida Khotimah. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. Jurnal.Umk.Ac.Id, 2(1), 28. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928
Istiyono, E., Kartowagiran, B., Retnawati, H., Cahyo Adi Kistoro, H., & Putranta, H. (2021). Effective Teachers’ Personality in Strengthening Character Education. ERIC, 10(2), 512–521. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21629
Kudryashova, A., Gorbatova, T., Rybushkina, S., & Ivanova, E. (2015). Teacher’s Roles to Facilitate Active Learning. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/MJSS.2016.V7N1P460
Onde, M. L. ode, Aswat, H., Fitriani, B., Basicedu, E. S.-J., & 2020, undefined. (n.d.). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jbasic.OrgM La Ode Onde, H Aswat, B Fitriani, ER SariJurnal Basicedu, 2020•jbasic.Org. Retrieved September 13, 2023, from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/321
Sayani, A. H. (2015). My Philosophy of Teaching and Learning. OALib, 02(12), 1–4. https://doi.org/10.4236/OALIB.1102109
Sutisna, D., Indraswati, D., (Jurnal, M. S.-J., & 2019, undefined. (n.d.). Keteladanan guru sebagai sarana penerapan pendidikan karakter siswa. Journal.Stkipsingkawang.Ac.Id. Retrieved September 13, 2023, from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/1236
Wanner, T., & Palmer, E. (2018). Formative self-and peer assessment for improved student learning: the crucial factors of design, teacher participation and feedback. Https://Doi.Org/10.1080/02602938.2018.1427698, 43(7), 1032–1047. https://doi.org/10.1080/02602938.2018.1427698
Published
2023-12-07
How to Cite
Eti Muliani, Ratna Wahyuni, & Yessica Sinabariba. (2023). PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS GURU SD DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 054870 TANJUNG JATI . Journal of Community Service, 5(2), 316-321. https://doi.org/10.56670/jcs.v5i2.142