PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKOLAH TINGGI ILMU-ILMU SOSIAL STIS TUAL

  • Frederika Rahanra Program Studi Ilmu Pemerintahan Sekolah Tinggi Ilmu-Ilmu Sosial (STIS) Tual
Keywords: Pengaruh,, Iklim Organisasi,, efektivitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data, mengolah dan menganalisisnya guna mengetahui pengaruh antara iklim organisasi dengan efektivitas kerja pegawai pada Kantor Sekolah Tinggi Ilmu-Ilmu Sosial STIS Tual. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bawa perhitungan atas data yang diperoleh dalam penelitian lapangan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,885. Hasil korelasi ini selanjutnya diuji signifikansinya dengan t-test pada taraf kepercayaan 95% (Taraf signifikansi 0,05).  Hasil t-test yang didapat adalah sebesar 13,235 yang berarti bahwa nilai t-test lebih besar dari nilai t-tabel yang sebesar 2,042 (13,235 > 2,042). Hasil ini menunjukkan bahwa iklim organisasi dengan efektivitas kerja pegawai mempunyai hubungan yang erat pada kantor Sekolah Tinggi Ilmu-Ilmu Sosial STIS Tual.

References

Wirawan. (2009) Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Selemba Empat
Utami, R. P. (2014). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Bpmd) Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Setiawan, K. C. (2015). pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja karyawan level pelaksana di divisi operasi PT. Pusri Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(1), 23-32.
Pasaribu, E. K., & Indrawati, A. D. (2016). PengaruhIklim Organisasi dan Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Sosial Provinsi Bali. E-Jurnal Manajemen, 5(12)
Subawa, I.K.A.,Bagus, I.,& Surya,K. (2017) PENGARUH IKLIMORGANISASI DAN STRES KERJA TERHADAP KEPUASANKERJA GURU SMA 1 GIANYAR Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
Radianto, A., & Sunuharyo, B. S. (2017). Pengaruh iklim organisasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Studi pada Karyawan PT. PG Krebet Baru Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
NGADI, R. (2020). PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA GORONTALO. Skripsi, 1(931414181).
Published
2021-06-30
How to Cite
Frederika Rahanra. (2021). PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKOLAH TINGGI ILMU-ILMU SOSIAL STIS TUAL . Journal of Community Service, 3(1), 041-053. https://doi.org/10.56670/jcs.v3i1.141