PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

  • Mai Yuliza Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman
  • Sinta Sila Yeneti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman
Keywords: Kepercayaan, Kemudahan, Persepsi Risiko dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini ditujukan kepada masyarakat di daerah Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online, (2) Untuk mengetahui Pengaruh Kemudahan Terhadap Keputusan PembelianOnline, (3) Untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan PembelianOnline, dan (4) Untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap keputusan Pembelian Online Pada situs Tokopedia.com di Kabupaten Pasaman Barat. Populasi yang digunakan sebanyak 100 sanpel, karena peneliti menggunakan metode sensus, sehingga jumlah populasi yang dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui kuesioner sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS for Windows Realasa 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Dan dijelaskan bahwa: (1) Variabel Kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia.com, dengan koefesien regresi 0.144 dengan signifikan terhadap Keputusan Pembelian  0.886 (>0.05), (2) variabel Variabel Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan koefesien regresi 5.852 dengan nilai signifikan 0.000 (<0.05), (3) Variabel Persepsi Risiko berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefesien regresi 3.352 dengan nilai signifikan 0.001, (4) Variabel Independen secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefesien regresi 75.130 dengan nilai signifikan 0.000 (<0.05). Nilai R2 menunjukan 0.701 dan sisanya sebesar 0.299 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini.

Published
2022-06-12
How to Cite
Mai Yuliza, & Sinta Sila Yeneti. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Journal of Social and Economics Research, 4(1), 068-080. https://doi.org/10.54783/jser.v4i1.40