PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, LABEL HALAL, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh langsung variabel kualitas produk, harga, label halal, terhadap keputusan pembelian konsumen muslim (studi kasus pada UD. Cemilan Maya medan marelan). Yang menjadi sampel dalam kegiatan penelitian yaitu konsumen muslim yang melakukan pembelian pada UD. Cemilan Maya medan marelan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur dengan model regresi linier didukung dengan uji model dan uji statistik menggunakan bantuan program SPSS versi 16. Dari hasil olah data penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan koefisien determinasi (R-square) yaitu sebesar 65,8% diperoleh dari variabel harga, kualitas produk, label halal, mempengaruhi keputusan pembelian konsumen muslim (studi kasus pada UD. Cemilan Maya medan marelan), kemudian sisanya 34,2% dijelaskan dengan adanya variable lain. Dari uji yang lakukan secara simultan menjelaskan variabel harga, kualitas produk, label halal, tidak memberikan pengaruh dalam keputusan pembelian konsumen muslim di (UD. Cemilan Maya medan marelan.), hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung (1,211) < Ftabel (2,72).Kemudian dapat dilihat secara parsial menjelaskan variabel harga, kualitas produk, label halal, berpengaruh terhadap keputusan untuk membeli yang dilakukan konsumen muslim (studi kasus pada UD. Cemilan Maya kecamatan medan marelan).