PENGUKURAN DAN ANALISIS KUALITAS LAYANAN KOMUNIKASI BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DI KAMPUNG SOA

MEASURING AND ANALYZING THE QUALITY OF COMMUNICATION SERVICES BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) IN SOA VILLAGE

  • Roberto Corputty Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Musamus
  • Rapha Nikita Kaikatui Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Musamus
  • Yuliana Kolyaan Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik, Universitas Musamus
Keywords: Network Cell Info Lite, RSRP, RSRQ, SINR, Throughput

Abstract

Sarana telekomunikasi semakin meningkat diberbagai daerah terpencil akibat kebijakan pemerintah hal ini sangat memembantu Masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi, namun terkadang kualitas jaringan tersebut masih jauh dari yang diharapkan oleh sebab itu perlu diteliti kualitas layanannya. Penelitian ini berlokasi pada Base Transceiver Station (BTS) kampung Soa dengan tujuan mengetahui kualitas layanan suara dan layanan data.

Metode yang digunakan adalah  metode pengukuran  RSRP, RSRQ, SINR, dan Throughput dan eksperimantal serta metode analisis digunakan untuk menganalisis hasil pengukuran guna mengambil kesimpulan kualitas pelayanan jaringan telekomunikasi.

Hasil penelitihan ini memperlihatkan nilai dari RSRP, RSRQ, SINR, dan Throughput membutukan perbaikan kualitas jaringan karena kekuatan sinyal di beberapa titik belum maksimal. Nilai keseluruan rata-rata RSRP -89 dBm pada kategori standar nilai RSRP (baik) diberi warna hijau, untuk nilai rata-rata keseluruan RSRQ  -7 dBm pada kategori standar nilai RSRQ (baik) diberi warna hijau, kemudian untuk nilai rata-rata SINR 30,0 dB pada kategori standar nilai SINR (Baik diberi  warna hijau, dan nilai rata-rata dari Throughput 79.2 Mbps pada kategori standar nilai Throughput (Baik).

References

[1] D. I. Kota et al., “Pemetaan Cakupan Daya Pancar Sinyal GSM 2G Telekom,” 2018.
[2] V. Desi Ramadianty, F. Imansyah, and J. Teknik Elektro, “Analisaa Pengukuran Performa Jaringan 4G LTE TELKOMSEL Dalam Event Game Mobile Legends: BANG-BANG DI PONTIANAK.”
[3] A. Sugiharto and I. Alfi, “KOMPARASI PERFORMA JARINGAN ANTARA PENYEDIA LAYANAN SELULER 4G LTE DI AREA KOTA YOGYAKARTA.” [Online]. Available: www.smartfren.com
[4] Telekomunikasi, “Definisi BTS ( Base Transceiver Station ),” 2017. http://telekomunikasi014.blogspot.com/2017/01/definisi-bts-base-transceiver-station.html (accessed Apr. 13, 2023).
[5] Triadi Agustinus Parapaga, “Implementasi Antena Yagi Dalam PeningkatanQOS (Quality of Service)JArngan 3G,” Teknik Elektro, Universitas Musamus Merauke, 2020.
[6] F. K. Karo, E. Setia Nugraha, and F. N. Gustiyana, “Analisis Hasil Pengukuran Performansi Jaringan 4G LTE 1800 MHz di Area Sokaraja Tengah Kota Purwokerto Menggunakan Genex Asistant Versi 3.18,” AITI: Jurnal Teknologi Informasi, vol. 16, no. Agustus, pp. 115–124, 2019.
[7] D. Ramadianty, “‘Analisis Pengukuran Performansi Jaringan 4g Lte Telkomsel Dalam Event Game Mobile Legends: Bang-Bang Di Pontianak,’” Univ. Tanjungpura, Pontianak, 2018.
[8] Wulansari, “‘Analisis Kualitas Kekuatan Sinyal 4g Lte Dengan Menggunakan Metode Drive Test,’” Univ. Tidar, Magelang, 2018.
[9] D. Ramadianty, “‘Analisis Pengukuran Performansi Jaringan 4g Lte Telkomsel Dalam Event Game Mobile Legends: Bang-Bang Di Pontianak,’” Univ. Tanjungpura, Pontianak, 2018.
[10] U. Kurniawan Usman, “Analisis Performansi dan Optimasi Jaringan LTE Untuk Layanan Streaming Video di Dago-Ciumbuleuit, Bandung LTE Network Performance and Optimization,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 6, pp. 2739–2740, 2022.
Published
2024-02-23
How to Cite
Roberto Corputty, Rapha Nikita Kaikatui, & Kolyaan, Y. (2024). PENGUKURAN DAN ANALISIS KUALITAS LAYANAN KOMUNIKASI BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DI KAMPUNG SOA. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 1122-1132. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.302