IMPLIKASI KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG TERHADAP USAHA MIKRO DI KECAMATAN KALIDONI KOTA PALEMBANG

  • Muhammad Arif Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas IBA Palembang
  • Rahmi Hidayati Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas IBA Palembang
  • Nur Azmi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas IBA Palembang
Keywords: Kenaikan Harga Minyak Goreng,, Usaha Mikro,, Pandemi, Minyak Goreng

Abstract

Minyak goreng adalah produk yang memiliki fungsi sebagai bahan dalam proses menggoreng dan menambah nilai suatu bahan makanan. Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mengidentifikasi implikasi dari kenaikan harga minyak goreng terhadap pelaku usaha mikro 2. Untuk mengidentifikasi strategi penjualan apa yang menjadi pilihan pelaku usaha mikro untuk mensiasati dari kenaikan harga minyak goreng ini. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kalidoni Kota Palembang. Metode penelitian adalah metode Non Probability dengan mengacu pada metode Purposive Sampling dengan menggunakan beberapa pertimbangan tertentu sesuai dengan kriteria yang diinginkan untuk dapat menentukan jumlah sampel yang akan diteliti maka didapatlah 15 responden untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat implikasi dari kejadian naiknya harga minyak goreng terhadap pelaku usaha mikro yaitu dari biaya produksi yang tentunya harga minyak goreng menjadi mahal lebih dari 100% dibanding saat sebelum pandemi, selanjutnya dari produksi yang juga harus dikurangi pada saat pandemi yang turun mencapai 50%, lalu terakhir dari omzet dan pendapatan pelaku usaha mikro, rata-rata omzet yang didapat turun mencapai 50%. Sedangkan rata-rata pendapatan yang didapat turun mencapai 65%. Strategi yang diterapkan para pelaku usaha mikro untuk mensiasati dari kenaikan harga minyak goreng terhadap usaha yang mereka jalanankan diantaranya yaitu dengan mengurangi jumlah produksi harian yang menjadi pilihan keseluruhan responden dalam penelitian ini, selanjutnya dengan tidak menaikan harga produk namun disiasati dengan mengurangi ukuran produk dan bahan baku yang digunakan agar mengurangi besarnya biaya produksi yang dikeluarkan, lalu ada sebagian kecil dari pelaku usaha mikro ada yang terpaksa harus menaikan harga produk mereka namun dengan tidak mengurangi kualitas produknya, dan terakhir mereka tidak memproduksi salah satu menu produk mereka yang harga bahan baku produk tersebut sedang naik.

References

Aulia, R. 2008, Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur PMA dan PMID. Yang Terdaftar di BEI Periode 2004-2008, Skripsi tidak diterbitkan : 2011
Dewi, R. L. 2022. Dampak kenaikan harga minyak goreng bagi pedagang kecil Jounal of Economics and Social Sciences Vol. 1 No. 2 Juli - Desember 2022: 67-75.
Effendi, Y., Afriani, S., Trisna Yanti. 2022. Pengaruh Kebijakan Pemerintah Mengenai Harga Minyak Goreng Terhadap Kinerja Usaha Kuliner Di Kota Bengkulu.
Husni, A, dan Maskan AF, 2014. Analisis finansial usahatani cabai rawit (capsium frutetescens L) Desa Puwajaya Kecamatan Loa Jana. Jurnal AGRIFOR 13(1): 49-52
Risti, I. 2016. Uji kualitas minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan di manado. Jurnal Ilmiah Farmasi-UNSRAT, 5(4).
Sarmila. 2020. Analisis Hukum Ekonomi Islam Terhadap Kenaikan Harga Barang Komoditi Di Bulan Ramadan (Studi Kasus Pada Pasar Sentral Tanrutedong Kabupaten Sidenreng Rappang). (Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Parepare, Tanrutedong).
Shinta, A. 2011. Ilmu Usahatani. Universitas Brawijaya Press, Malang. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Sumatera Selatan. 2012. Data Angka Sumatera Luas Panen,Produksi Dan Produktifitas Per Musim Tanam Tahun 2016. Provinsi Sumatera Selatan.
Soekartawi. (2011). Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: UI-PRESS.
Supartama, M., M. Antara, dan R. A. Rauf. 2013. Analisis pendapatan dan kelayakan usahatani padi sawah di Subak Baturiti Desa Balinggi Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Agrotekbis. 1(2): 166-172.
Published
2024-01-01
How to Cite
Muhammad Arif, Rahmi Hidayati, & Nur Azmi. (2024). IMPLIKASI KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG TERHADAP USAHA MIKRO DI KECAMATAN KALIDONI KOTA PALEMBANG. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 898-906. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.264