IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDI DAYA MAGGOT SEBAGAI ALTERNATIF PENANGGULANGAN SAMPAH ORGANIK MASYARAKAT DI DESA CIJAGANG

  • Janatin Sukmareni Universitas Binawan, Jakarta, Indonesia
  • Samuel Adiputra Sianipar Universitas Binawan, Jakarta, Indonesia
  • Syifa Najah Fadiah Universitas Binawan, Jakarta, Indonesia
  • Mari Esterilita Universitas Binawan, Jakarta, Indonesia
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Budidaya Magot; Penanggulangan; Sampah Organik.

Abstract

Isu sampah yang dapat kita ambil dari Desa Cijagang ini adalah penanggulangan sampah yang belum optimal banyaknya sampah yang membuang sampah di pinggiran kali, rendahnya kesadaran masyarakat untuk melakukan iuran sampah, sarana pengolahan sampah yang minim seperti tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan asih terdapat masyarakat yang Buang Air Besar (BAB) di kali yang mencemari air dan lingkungan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan masyarakat melalui budidaya maggot sebagai alternatif untuk mengurangi sampah organik. Metode pengabdian kepada Masyarakat yang digunakan metode pendekatan pemberdayaan masyarakat melalui kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data dan informasi dari masyarakat yang terlibat dalam budidaya maggot dalam upaya mengurangi limbah sampah organik masyarakat. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang budidaya maggot meningkat. Hasil peningkatan pengetahuan masyarakat tentang cara pengolahan sampah organik. Sebagian masyarakat telah mencoba budidaya maggot, tetapi masih belum memahami manfaat penuhnya dari metode ini dalam mengurangi limbah organik. Pengabdian masyarakat ini memberikan wawasan tentang tantangan dan peluang dalam mendorong budidaya maggot sebagai alternatif pengurangan sampah organik di masyarakat. Upaya untuk pengelolaan limbah organik yang lebih berkelanjutan, pendidikan dan informasi yang lebih luas diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam praktik ini.

References

Anwar, D. I., & Nurbaeti, N. (2021). Pemanfaatan sampah organik untuk pupuk kompos dan budidaya maggot sebagai pakan ternak. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 568-573.

Budikania, T. S., Herawati, H., & Nasution, A. F. (2021). Karakteristik Fitokimia dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Pupa Black Soldier Fly (BSF). Warta Akab, 45(2).

Dewi, T. A., Sudarma, S. W., & Zen, S. (2022, August). Pelatihan Literasi Keuangan Pada Budidaya Maggot Di Desa Banjarrejo Kabupaten Lampung Timur. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM) Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 4, No. 1, pp. 153-158).

Faridah, F., & Cahyono, P. (2020). Pelatihan Budidaya Magot sebagai Alternative Pakan Ternak di Desa Baturono Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 2(01), 36-41.

Firdaus, F. S. (2021). Analisis Komunikasi Pemberdayaan Dalam Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Terhadap Sampah Organik (Studi Kasus di Omah Maggot Jogja, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman).

Jatmiko, F. T. (2021). Ajian Literatur Pemanfaatan Larva Black Soldier Fly (Hermetia Illucens) Dalam Pengomposan Sampah Organik.

Mulyani, S., Mardiana, M., Fatmawati, F., Pallu, M. S., Fikruddin, M., Yunus, M. K., ... & Aziz, S. A. (2023). Budidaya Maggot BSF Sebagai Alternatif Pakan Dalam Mengatasi Limbah Sampah Organik di Desa Majannang. EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10-17.

Nindya, S., Cantrika, D., Murti, Y. A., Widana, E. S., & Kurniawan, I. G. A. (2022). Edukasi pengolahan sampah organik dan anorganik di desa rejasa tabanan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 352-357.

Nurhayati, L., Wulandari, L. M. C., Bellanov, A., Dimas, R., & Novianti, N. (2022). Budidaya Maggot Sebagai Alternatif Pakan Ikan Dan Ternak Ayam Di Desa Balongbendo Sidoarjo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1186-1193.

Raihan, M. A. (2022). Potensi Maggot Sebagai Pengurai Limbah Organik.

Rodli, A. F., & Hanim, A. M. (2022). Strategi Pengembangan Budidaya Maggot Bsf Sebagai Ketahanan Perekonomian Dimasa Pandemi. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 4(1), 11-16.

Rukmini, P. (2020, December). Pengolahan sampah organik untuk budidaya maggot black soldier fly (BSF). In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020 (Vol. 1, No. 1).

Septiani, W., Sari, E., Ningsih, R., & Wijaya, R. (2023). Green-Techno Sosiopreneur Ternak Maggot. Nas Media Pustaka.

Sulaiman, M., Karim, A. A., Maharani, Y., Anisa, N., & Gultom, E. S. (2023). Pemberdayaan Kelompok Tani Peduli Api Balikpapan Melalui Budidaya Maggot Black Soldier Fly Dalam Mengurangi Limbah Organik. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1471-1480.

Wang, Y. S., & Shelomi, M. (2017). Review of Black Soldier Fly (Hermetia Illucens) As Animal Feed And Human Food. Foods, 6(10), 91.

Published
2023-11-17
How to Cite
Sukmareni, J., Sianipar, S. A., Fadiah, S. N., & Esterilita, M. (2023). IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDI DAYA MAGGOT SEBAGAI ALTERNATIF PENANGGULANGAN SAMPAH ORGANIK MASYARAKAT DI DESA CIJAGANG. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 341-355. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.219