ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN RADARBANTEN.CO.ID ATAS PENOLAKAN SUKU BADUY TERHADAP PEMASANGAN INTERNET DI WILAYAHNYA

  • Adhi Kusuma Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Fety Pebriyanti Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Muhammad Fadhil Al Atsari Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
Keywords: Media Online, Framing Robert N. Etnman, dan Penolakan Sinyal Internet.

Abstract

Pada awal bulan Juli 2023 terjadi penolakan pemasangan sinyak internet oleh suku Baduy Dalam. Hal tersebut mendapat perhatian publik dan banyak media online memberitakan isu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis framing pemberitaan penolakan pemasangan sinyal internet oleh suku Baduy Dalam di media online Radarbanten.co.id. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan model analisis framing Robert N. Etnman yang terdiri atas pendifinisian masalah, penyebab masalah, keputusan moral, dan penyelesaian masalah. Subjek penelitian ini bersumber dari 12 berita media online Radarbanten.co.id yang diunggah dari tanggal 6 sampai 23 Juni 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Radarbanten.co.id lebih menonjolkan citra baik dari penolakan tersebut. Penolakan pemasangan internet di daerah Baduy Dalam dianggap sebagai hal tepat untuk menjaga kearifan lokal dan adat istiadat setempat.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Bugin, B. (2014). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Eriyanto. (2011). Analisis Framing: Konstruksi Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktil. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fathurokhman, F. (2022). Hukum Pidana Adat Baduy dan Pembaruan Hukum Pidana. Jakarta: Kencana.

Falah, Z. (2020). Tafsir di Media Online. Indonesia: Guepedia.

Hadi, I. P. (2020). Penelitian Media Kualitatif (Filosofi Penelitian, Paradigma, Rentang Teori, Langkah-Langkah Penelitian Media: Metode Reception Studies, Etnografi Media/Netrografi, Fenomologi, Studi Kasus, Analisis Tematik). Depok: Rajawali Pers.

Handariastuti, R., Achmad, Z. A., & Bramayudha, A. (2020). Analisis Framing Berita Pemberhentian PSBB Surabaya Raya di Media Online Kompas.Com dan Suarasurabaya.net. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2).

Kurniawan, A., & Qurniawati, E. F. (2022). Analisis Framing Pemberitaan Buzzer di tempo.com. Journal of New Media and Communication, 1(1).

Muhammad, K. (2015). Keislaman Suku Baduy Dalam: Antara Islam dan Slam Sunda Wiwitan. Jurnal Refleksi, 14(1), 26.

Mulyana, D. (2014). Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2018). Komunikasi Antar Budaya: Di Era Budaya Siber. Jakarta: Kencana.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Paramitha, G. A., & Karim, A. A. (2022). Analisis Framing Berita Penembakan Jurnalis AS di Ukraina pada CNN Indonesia.com dan Sindonesws.com. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 377.

Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Santoso, P. (2016). Konstruksi Sosial Media Massa. Jurnal Al-Balagh, 1(1).

Yoga, S. (2018). Perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia dan perkembangan teknologi informasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29-46.

Zaenab, S. (2013). Komunkasi Massa Sebuah Pengantar Manajemen Komunikasi. Sidoarjo: Zitamat.

Hafidli, M. N., Sasmita, R. N. D. L., Nurazhari, L., Putri, N. R. G. (2023). Analisis Framing Model Robert Entman Tentang Kasus Kanjuruhan di Detik.com dan BBC News. Jurnal Ilmu Sosial, 3(1).

Published
2023-11-15
How to Cite
Kusuma, A., Pebriyanti, F., & Al Atsari, M. F. (2023). ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN RADARBANTEN.CO.ID ATAS PENOLAKAN SUKU BADUY TERHADAP PEMASANGAN INTERNET DI WILAYAHNYA. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 330-340. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.218