MENUJU TRANSFORMASI SOSIAL: PEMBERDAYAAN POTENSI DAN SUMBER KESEJAHTERAAN MELALUI PENDEKATAN ONTOLOGIS, EPISTEMOLOGIS DAN AKSIOLOGIS DALAM SISTEM LAYANAN DAN RUJUAN TERPADU DI KABUPATEN TEGAL

  • Nurhayati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Suryo Ediyono Universitas Sebelas Maret Surakarta
Keywords: Transformasi Sosial, Pemberdayaan, Ontologis, Epistemologis, Aksiologis.

Abstract

Transformasi sosial merupakan salah satu langkah penitng untuk dapat mengembangkan dan membangun masyarakat. Trnaformasi ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan sistem layanan dan rujukan terpadu. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk melihat mengenai bagaimana transformasi sosial dapat dilaksanakan dilihat melalui sudut pandang ontologis, epistemologis dan aksiologis. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan di dalam penelitian ini berasal dari berbagai hasil penelitian dan studi terdahulu. Hasil dari penelitian ini kemudian menemukan bahwa secara keseluruhan, pendekatan ontologis, epistemologis, dan aksiologis memainkan peran penting dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi sistem layanan terpadu. Pendekatan ini memastikan pemahaman yang holistik, integrasi pengetahuan yang relevan, dan penerapan nilai-nilai etika yang benar dalam pelayanan. Dengan mengadopsi pendekatan ini, diharapkan sistem layanan terpadu dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, memperkuat pemberdayaan sosial, dan mencapai tujuan kesejahteraan yang diinginkan.

References

Andriyus, A., Febrian, R. A., Handrisal, H., & Adni, D. F. (2021). Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(1), 63-74.

Bagaskara, A., Hakiki, K. M., Rohmatika, R. V., Badruzaman, B., & Putra, A. E. (2021). Identitas Kebalian; Rekonstruksi Etnik Bali Dalam Mempertahankan Identitas Pasca Konflik. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 16(1), 49-74.

Batubara, M. I., Adi, E. A. W., & Wirdyaningsih, W. (2022). Peran Notaris Dalam Pemanfaatan Ruang Bawah Tanah Untuk Sarana Jaringan Utilitas Terpadu di DKI Jakarta. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1).

Fadli, M. R. (2021). Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan dan relevansinya di era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130-161.

Fitriana, R., & Bakri, M. (2019). Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Akademik Menggunakan the Open Group Arsitekture Framework (Togaf). Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 24-29.

Hakim, D. M. (2020). Transformasi Kurikulum Pesantren Melalui Metode Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Mengembangkan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Hikam Malang. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 39-49.

Ilyas, A., Pilo, N., & Mahmud, H. (2022). Perspektif Pendidikan Islam Tentang Manajemen Perubahan Untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Management Science (JMS), 3(2), 200-207.

Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 103-116.

Irawati, D., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021). Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, dan Konstruktivisme dalam Perspektif “Epistemologi Islam”. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 870-880.

Juhansar, J. (2021). John Locke: The Construction of Knowledge in the Perspective of Philosophy. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 254-260.

Manggala, H. D. A. (2019). Perubahan Sosial di Tosari (Studi Kasus Lunturnya Folklore Masyarakat Desa Tosari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan). Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 96-105.

Prasetiawan, A. Y., & Baedowi, M. (2023). Hijrah Riba dalam Perspektif Dakwah Kontemporer. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 8(1), 53-73.

Pulungan, E. D., Salminawati, S., Sulastri, S., & Nasution, N. V. (2023). Western and Islamic Effectiveness of Ontology, Epistemology and Axiology of Science. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 457-464.

Putra, I. N. B. A., & Negara, G. A. J. (2020). Implementasi Metode Sad Dharma Penyuluhan Agama Hindu Pada Masa Pandemi Covid-19. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 4(2), 170-180.

Rorong, M. J. (2019). Penempatan Teori Dalam Ilmu Komunikasi:(Kajian Kepustakaan Dalam Perspektif Deductive-Interpretive). Commed Jurnal Komunikasi dan Media, 4(1), 90-107.

Sawaludin, S., Haslan, M. M., & Basariah, B. (2022). Eksistensi dan Peran Elit dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Masyarakat Dusun Sade Desa Rambitan Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2426-2432.

Setiajatnika, E., Gunadi, T., & Nugraha, H. (2023). Skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) Dalam Penyediaan Infrastruktur Alat Penerangan Jalan (APJ). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 317-332.

Sofianto, A. (2020). Potensi inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 4(2), 93-107.

Subekti, I., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Kontribusi filsafat ilmu dalam penelitian ilmiah dan kehidupan sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 229-241.

Sutangsa, S., & Suryana, E. (2023). Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran Di Kabupaten Subang: Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(1), 330-342.

Tirtayasa, S., Nadra, I., & Khair, H. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 244-259.

Warliah, W., NIikmah, M., & Fitriyah, L. (2021). Pemberdayaan Organisasi Intra Azzainiyah pada Pemeliharaan Taman di Lingkungan Pondok Pesantren. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 1073-1093.

Warsah, I. (2020). Dimensions of soul in the Quran: An Islamic psychological perspective. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 25(2), 295-314.

Wiranti, R. D. (2021). Manajemen Gerakan Sekolah Menyenangkan Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Rejodani Sleman. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 311-325.

Zahrani, H., & Dhobith, A. (2022). Epistemologi Pendidikan Islam. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 11(2), 58-68.

Published
2023-07-17
How to Cite
Nurhayati, & Ediyono, S. (2023). MENUJU TRANSFORMASI SOSIAL: PEMBERDAYAAN POTENSI DAN SUMBER KESEJAHTERAAN MELALUI PENDEKATAN ONTOLOGIS, EPISTEMOLOGIS DAN AKSIOLOGIS DALAM SISTEM LAYANAN DAN RUJUAN TERPADU DI KABUPATEN TEGAL. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 84-97. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.161