IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN MORAL NILAI KEISLAMAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI DI MAN 1 PESAWARAN

  • Syamsuri Ali UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Sejarah Islam; Implementasi; Nilai-Nilai Islam; Moral.

Abstract

Tujuan daric penelitian ini adalah untk memahami bagaimana mata pelajaran Agama Islam dan nilai-nilai yang diajarkan di kelas XI dan MAN N 1 Pesawaran. Metode pelaksanaan penelitian menggunakan format penelitian deskriptif. Metde pengumpulan datacyang digunakan adalah observasi, pedomancwawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 16 informan secara deskriptif kualitatif. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa tujuan pendidikan Islam dan akhlak identik dengan tujuan pengajaran di kelas. Penerapan nilai-nilai keIslaman dan pendidikan akhlak meliputi membaca Al-Qur'an seblum memulai pelajaran, mengganti bahan pelajaran, mengevaluasi kemajuan siswa, dan menepati tenggat waktu. Evaluasi pelaksanaan pendidikan akhlak dan nilai-nilai keIslaman dengan mengecek langsung kepada peserta didik terkait dengan urutan aturan yang telah disepakati, jika melanggar aturan maka dikenakan sanksi. Kendala dan solusi pelaksanaan pendidikan akhlak dan nilai-nilai Islam, khususnya kurangnya kontrol guru terhdap siswa, sehingga masih ada siswa yang melanggar tata tertib. Solusinya adalah melakukan pengawasan yang lebih baik dan selalu memberikan nasehat, teguran kepada siswa yang melakukan kesalahan.

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap penerapan pendidikan karakter dan pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 107-115.

Abuddin. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers

Darmadi, H. (2012). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Afabeta.

Fahrudin. (20014). Proses Pendidikan Moral di Lingkungan Keluarga sebagagai Upaya Mengatasi Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 12(1).

Hafidz, H., Cahyani, M. N., Azani, M. Z., & Inayati, N. L. (2022). Implementasi Pendidikan Moral Dalam Membina Perilaku Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Huda. JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner, 1, 95-105.

Imelda, A. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227-247.

Ismail, S. G. (2013). Implementasi pendidikan profetik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 299-324.

Kholidah, L. N. (2015). Pola integrasi nilai-nilai keIslaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan. At-Ta'dib, 10(2).

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15-32.

Muhsinin, M. (2013). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Nawawi, A. (2010). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Penerus.

Noor, W. (2014). Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam. Qathrunâ, 1(01), 40-59.

Nurdin, M. (2014). Pendidikan Anti Korupsi ; Strategi Internalisasi Nilai-nilai Islami dalam Menumbuhkan Kesadaran Anti Korupsi di Sekolah. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Priyambodo, A. B. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air pada Sekolah Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruan. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 9-15.

Sahlan, A. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). el-hikmah, (2).

Sista, T. R., & Al-Baqi, S. (2018). Implementasi pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral remaja (Studi kasus di Pesantren Modern Muadalah dan Pesantren Salaf/Tradisional). Jurnal At-Ta’dib Vol, 13(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi, 19(1), 101-111.

Published
2023-06-26
How to Cite
Ali, S. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN MORAL NILAI KEISLAMAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI DI MAN 1 PESAWARAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 414-419. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.148