PELAKSAANAAN PRODUK SUPERVISI PENDIDIKAN: STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 14 SAMBI KABUPATEN BOYOLALI
Abstract
Salah satu pemasalahan dalam dunia Pendidikan kurangannya keberadaan pengawas atau di sekolah. Dalam Penelitian ini yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 14 Sambi Kabupaten Boyolali, mengkaji pelaksanaan pengawas yang dilakukan di sekolah tersebut. Sedangkan Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berbasis lapangan bersamaTeknik pengumpulan data observasi, dan analisis dokumen. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa pembahasan pelaksanaan pengawasan atau Supervisor di SMP Muhammadiyah14 kecamatan sambi Kabupaten Boyolali meliputi pemeriksaan perangkat pembalajaran, melakukan monitoring pelaksanaan ujian di sekolah, evaluasi dalam pengembangan kurikulum dan konsolidasi bersamamasyarakat bersamamelibatkan siswa di serangkaian kegiatan kemasyarakatan baik secara formal dan non formal baik di lingkungan di kecamatan maupun kabupaten. Sehingga kontribusi yang diberikan dalam penelitian ini adalah sebagai perbaikan dan pengembangan kepada pihak sekolah sehingga dalam mendokumentasikan pelakasanaan supervise yang telah terlaksan di sekolah.
References
Abd. Rahman. (2021). Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 1–16.
Akib, K. (2020). Fungsi Supervisi Dalam Meningkatkan Efektivitas CaraBelajar Mengajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kecamatan Poso Kota Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 45–66. https://www.neliti.com/publications/317738/fungsi-supervisi-dalam-meningkatkan-efektivias-langkah-belajar-mengajar-di-sekola
Bano, Y. H. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Supervisi akauntuk k di SMP Negeri 12 Gorontalo. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan (JPS), 03(2), 214–225.
Evanofrita, E., Rifma, R., & Nellitawati. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Sekolah Luar Biasa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 217. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3772
Hikmat. (2014). Manajemen Pendidikan (Vol. 3). Pustaka Setia.
Kristiawan, M, Y. Y., & H. F. (2019). Supervisi pendidikan Jasamani. CV. Alfabeta. https://www.acauntuk a.edu/39737659/Supervisi_Pendidikan
Kurniati. (2020). Pendekatan Supervisi Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 52. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.7894
Nasution, I. (2021). Supervisi Pendidikan (S. N. Pratiwi (ed.)). CV. Pusdikra Mitra Jaya. http://repository.uinsu.ac.id/11438/1/SUPERVISI OK inom.pdf
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058
Nurfajriah, S. dkk. (2021). Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Kreatif, Jurnal Kependidikan Dasar, 11, 137–144. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif
Putranti, D., Fithroni, F., & Kusumaningtias, D. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5745
Rahmah, S. (2018). Pengawas Sekolah Penentu Kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2), 177. https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.378
Rolialis. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja Melalui Supervisi Akauntuk k Pada Guru Sd Di Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. 8(14), 66–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i1.7053
Soim, M. S. dan. (2013). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam (Vol. 1). Tera.
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Sudadai. (2021). Supervisi Pendidikan (Konsep, Teori dan Implementasi) (Vol. 21, Issue 1). Penerbit Pustaka Ilmu. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Sumarto. (2016). Tugas Profesional Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ri’ayah, 1, 168–187. https://www.neliti.com/publications/328250/tugas-profesional-kepala-madrasah-sebagai-supervisor-dalam-meningkatkan-mutu-pen
Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Teologia Jaffray. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_Kualitatif_Teori_Konsep_da/GkP2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=analisis+data+miles+dan+huberman&printsec=frontcover
Wulandari, S. (2019). Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Research Methods in Education, 1(1), 105–112.
Zulanda, E. (2019). Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Osf.Io.
Zulfa, U. (2015). Supervisi Pendidikan di Indonesia (Issue 1). Ihya Media.