EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN METODE PENDIDIKAN TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan teknologi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan melibatkan sejumlah guru dan siswa dari beberapa sekolah dasar yang menerapkan teknologi pendidikan tradisional dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan mengumpulkan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan kuesioner untuk siswa. Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan minat siswa. Teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan motivasi siswa, dan memfasilitasi pembelajaran kolaboratif.
References
A’ini, Z. F., Soenarno, S. M., & Alfy, Z. R. (2022). TOT Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional kepada Guru PAUD di Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains, 1(2), 25–35. https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1385
Andini, A., Hanifah Salsabila, U., Triyana, F., Fitri Arum Sari, K., & Rauv, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.356
Chandra Setia Rini. (2022). Penggunaan Media KAHOOT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Operasi Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Gempol. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 48–57. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5944
Ety Nur Inah. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan SISWA Ety Nur Inah. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Hamdan Suyuti, H. S. (2022). Teknologi Pembelajaran PAI. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 68. https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2444
Huda, I. A. (2020). Irkham Abdaul Huda,Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622
Khoerunnisa, L., & Anwar, R. K. (2019). Literasi Media Sosial pada Ibu Rumah Tangga : Pemanfaatan Media Sosial oleh Ibu Rumah Tangga di Karawang Barat. Nusantara –Journal of Information and Library Studies, 2(2), 117–126. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i2.718
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390
Mudjiyanto, B. (2018). Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 151. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220205
Munaisah. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Tutor Sebaya. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5881
Ningsih, R. Y. (2019). Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Slow Learners dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 158 Seluma. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Tahun 2019.
Nuzuli, A. K. (2022). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jejak Pustaka.
Nuzuli, A. K., Putra, O. J., Putri.T, N. Y., Darmansyah, N., Pratama, R. P., & Chandra, R. R. (2022). Strategi Komunikasi Guru Konseling SMAN 4 Sungai Penuh Dalam Pemenuhan Perhatian Pada Siswa Slow Learner. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 537–544. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v9i2.3417
Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN N 1 PACITAN. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).
Peni, N., Priska, M., Mei, M. F., & Pendy, A. (2019). Tari Tradisional Beku sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. Vidya Karya, 34(1), 1. https://doi.org/10.20527/jvk.v34i1.5622
Permatasari, K., Degeng, I. N., & Adi, E. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268–277. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p268
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Rusli, M., Jud, J., Suhartiwi, S., & Marsuna, M. (2022). Pemanfaatan Permainan Tradisional Sebagai Media Pembelajaran Edukatif pada Siswa Sekolah Dasar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 582–589. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.948
Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Silviana Rochmatin. (2022). Index Card Match (ICM) sebagai Model Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 17–28. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5882
Siti Niswatin. (2022). Penerapan Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Negara Maju dan Negara Berkembang Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS DI MAN 2 Bojonegoro. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5883
Styawati, S., Ariany, F., Alita, D., & Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial : Pengembangan Aplikasi Berbasis Web sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning pada MAN 1 Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(2). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v1i2.816
Suparti, Nf., & Susanti, M. (2017). Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran Bermuatan Permainan Tradisional untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Kwangsan, 5(2), 101. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p101--114
Trika Fitria, Sutamaji, & Muhammad Amrillah. (2021). Media Komunikasi Guru Terhadap Penyandang Tunarungu Selama Pandemi. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 2(2), 113–122. https://doi.org/https://doi.org/10.53429/j-kis.v2i2.335
Warsita, B. (2013). Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 72. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p72--94
Zaifaturridha, Satria Wiguna, & Nurmisdaramyani. (2022). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Membangun Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 274–281. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.965