OPTIMALISASI KETERAMPILAN GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PELATIHAN ASESMEN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS

  • Friyatmi
  • Elvi Rahmi
Keywords: asesmen, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pelatihan

Abstract

Keterampilan berpikir siswa yang relevan dengan tantangan pembelajaran abad 21 dapat didorong melalui asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi. Sayangnya guru masih mengalami hambatan dalam menerapkan asesmen ini di dalam kelas. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru dengan konsep dasar dan implementasi asesmen berbasis keterampilan berpikir tinggi melalui pelatihan terpadu yang mengadopsi penyampaian informasi, diksusi, demonstrasi, latihan terbimbing, dan penugasan mandiri dalam satu rangkaian pelatihan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dapat menstimulus guru dalam menyusun soal-soal berpikir tingkat tinggi. Kegiatan yang telah dilaksanakan direspon secara positif oleh peserta dan diharapkan dalam jangka panjang mampu diterapkan dalam pembelajaran di kelas sehingga mampu mewujudkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan lahirlah output pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tantangan abad ke-21.

Published
2020-12-09
How to Cite
Friyatmi, & Elvi Rahmi. (2020). OPTIMALISASI KETERAMPILAN GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PELATIHAN ASESMEN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS. Journal of Community Service, 2(2), 156-163. https://doi.org/10.56670/jcs.v2i2.45