PEMBINAAN PELAKU EKONOMI SEKTOR INFORMAL BAGI PENGENDARA OJEK DI PANGKALAN UDARA TABING KOTA PADANG

  • Syamsul Amar
  • Alpon Satrianto
  • Ariusni
Keywords: ekonomi, informal, pengendara, ojek, pembinaan

Abstract

Tujuan kegiatan   adalah meningkatkan kesadaran Mitra dalam berlalu lintas ynag sesuai dengan aturan yang sudah diterapkan, memperbaiki etika dan tata krama pengendara ojek dalam membawa penumpang pada tempat tujuannya dan peningkatan kemampuan berkomunikasi dan pengelolaam keuang keluarga. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan persoalan mitra adalah pelatihan yang relevan bagi profesi pengendara ojek yang mencakup: kesadaran pengendara ojek dalam berlalu lintas, mengajarkan etika dan tata tata krama dalam membahea penumpang, peningkatan kemampuan berkomunikasi interpersonal dan peningkatan kemampuan mengelola keuangan  keluarga.  Metode  yang  digunakan  dalam pelatihan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembimbingan. Pembinaan ini telah dapat membangun dan menumbuhkembangkan kesadaran dan etika dalam berlalu lintas dalam kegiatan operasional sehari-hari. Kemudian, pembinaan ini juga telah meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik antara pengendara ojek dengan pelanggan ojek  sehingga  informasi yang  saling diberikan dapat  dimanfaatkan  dengan  baik.  Pengendara  ojek  akan juga dapat mengatur pengelolaan keuangan keluarga. Hal ini sangat dibutuhkan agar pengendara ojek tahu bagaimana mengatur uang masuk, keluar serta tabungan untuk masa depan kehidupan.

Published
2020-07-06
How to Cite
Syamsul Amar, Alpon Satrianto, & Ariusni. (2020). PEMBINAAN PELAKU EKONOMI SEKTOR INFORMAL BAGI PENGENDARA OJEK DI PANGKALAN UDARA TABING KOTA PADANG. Journal of Community Service, 2(1), 001-006. https://doi.org/10.56670/jcs.v2i1.27